-->

SOAL AKM STATISTIKA SMP DAN PEMBAHASAN

SOAL AKM STATISTIKA SMP  DAN PEMBAHASAN


Materi statistika terutama bagian penyajian data adalah salah satu materi penting dalam  melatih siswa untuk memahami bagaimana menafsirkan data. Penafsiran data menjadi bagian yang sangat vital bagi siswa karena ini terkait dengan keterampilan siswa yang menuntut untuk melakukan manipulasi, mendeskripsikan sebuah data. Keterampilan inilah yang nanti diharapkan dipunyai oleh siswa dimasa depan. Dimana siswa pandai menganalisis kondisi berdasarkan data dan fakta. mempu mengkaji data sehingga memiliki kemampuan untuk tetap survive dimasa depan. Mengambil setiap peluang dan keputusan dari sebuah data yang diperoleh. Kali ini kita akan sajikan berbagai permasalahan tentang statistika penafsiran data dalam bentuk soal AKM Statistika dan pembahasannya.

Contoh soal 1 Soal AKM Statistika SMP dan Pembahasan
Perhatikan contoh berikut.
Contoh pertama ini kita akan sajikan kepada anda bagaimana anda membaca data berbentuk kombinasi antara data dalam bentung diagram batang dan data dalam bentuk diagram lingkaran yang diperoleh dari data ekspor komoditas indonesia.

EKSPOR KOMODITAS INDONESIA

Perhatikan grafik berikut ini. grafik dibawah ini. Grafik dibawah ini adalah informasi tentang volume ekspor komoditas negara indonesia Tahun 1996 sampai dengan 2000. 

SOAL AKM STATISTIKA SMP  DAN PEMBAHASAN


Pertanyaan 1
Berapa total nilai ekspor komoditas Indonesia (dalam juta dolar) pada tahun 1997?
Jawab
24,4 Juta Dolar

Pertanyaan 2
Berapa jumlah nilai ekspor beras pada tahun 2000?
Jawab 
Pada tahun 2000 total nilai ekspor seluruhnya adalah 42,6 Juta Dolar. 
Ekspor beras tahun 2000 adalah 9% dari nilai total 
Jadi nilai ekspor beras tahun 2000 = 9% x 42,6 Juta Dolar = 9/100 x 42,6 Juta Dolar = 3,834 Juta Dolar.

Soal diatas tidak hanya menuntut anda bisa membaca data namun lebih dari itu anda juga harus menafsirkan hubungan dari dua data yang disajikan. 



Contoh soal 2 Soal AKM Statistika SMP dan Pembahasan


EMISI CO2
Paparan (Emisi) CO2 sudah mengkhawatirkan dari waktu ke waktu. Bahkan para pakar lingkungan hidup sedunia sudah memperingatkan akan bahasa dari emisi CO2 tersebut untuk keberlangsungan makluk hidup dimasa depan. Kadar CO2 yang sudah tak terkendali akan mempengaruhi iklim. tentu saja hal tersebut bisa terjadi karena sifat CO2 yang sangat agresif membantu transmisi radiasi sinar matahari ke permukaan bumi dan menghalangi keluarnya radiasi tersebut ke luar angkasa. 

Data berikut ini menujukan kadar emisi CO2 tahun 1990 (diagram batang berwarna putih) di berbagai sampel kawasan di dunia. data tersebut kemudian dibandingkan dengan kadar emisi CO2 8 tahun berselang yakni tahun 1998 (ditunjukan dengan diagram batang berwarna hitam) . 

Silakan perhatikan diagram perbandingan presentasi kadar emisi CO2 tahun 1990 dan 1998 berikut ini.

SOAL AKM STATISTIKA SMP  DAN PEMBAHASAN
Diagram persentase perubahan kadar emisi CO2 tahun 1990 sampai 1998
Pertanyaan 1
Coba lihat diagram diatas . Di negara USA (Amerika Serikat) tampak bahwa kadar emisi pada tahun 1990 ke tahun 1998 mengalami kenaikan sebesar 11%. Bisakah kalian menjelaskan proses perhitungannya?

Jawab
kenaikan emisi di USA tahun 1990 ke 1998 = 6.727 - 6.049 = 678
Presentase Kenaikan Emisi =  kenaikan emisi/kadar emisi mula mula x 100%
=  678/6.049  x 100% = 0,11 x 100% = 11%

Pertanyaan 2
Darsono mengklaim bahwa data yang dijakian diatas kemungkinan terjadi kesalahan. Dia berargumen jika penurunan kadar emisi CO2 di Jerman(Germany) yang turun 9% itu sesuatu yang tak masuk akal karena Jerman adalah bagian dari Uni Eropa (EU) . Sementara kadar emisi uni eropa sendiri secara total hanya turun sebesar 4%.
Apakah kamu setuju dengan pendapat Darsono? berikan penjelasanmu.
Jawab 
Pendapat Darsono saya kira tidak tepat. Karena mungkin saja jerman turunnya tinggi sampai 9% sementara negara yang tergabung dalam uni eropa turun hanya sedikit atau bahkan ada negara di uni eropa yang malah meningkat. sehingga jia dirata rata global di uni eropa menghasilkan data seperti pada diagram diatas.

Pertanyaan 3.
Parlan dan Suketi melakukan diskusi tentang negara mana yang menyumbang kenaikan terbesar kadar emisi CO2 pada kurun waktu di atas. ternyata keduanya memiliki pandangan yang berbeda tentang mana yang paling besar menyumbang kenaikan kadar emisi CO2 tersebut
Jelaskan menurut pandanganmu terhadap pendapat mereka berdua!
Jawab
Harusnya parlan dan suketi tak perlu berbeda pendapat. Jika yang diamati adalah negara terbesar persentase peningkatan kadar emisi CO2 didunia maka pasti semua sepakat jika Australia jawabannya. 
Mereka mungkin berbeda dari cara membacanya. 
ada yang membaca dari persentase peningkatan kadar emisi, yang satunya membaca jumlah peningkatan kadar emisi.
Jika yang didiskusikan adalah jumlah peningkatan kadar emisi jawabannya adalah amerika serikat.






LihatTutupKomentar