-->

SOAL AKM SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DAN PEMBAHASAN

SOAL AKM SEGITIGA DAN SEGIEMPAT 

DAN PEMBAHASAN


Tujuan dari belajar di sekolah bukan menjadikan anak menjadi pintar. Karena anda bisa menjadi pintar cukup dengan membayar sejumlah uang untuk memperoleh ijasah yang tentunta asli tapi palsu. Orang jaman sekarang memandang tingkat kepintaran seseorang berdasarkan ijasah yang dipunyai. Padahal hakikat yang sebenarnya belajar adalah untuk mendapatkan ilmu. Ilmu bukan sekedar hafalan namun orang berilmu itu tahu kapan ilmu tersebut digunakan. Mengutip sedikit dari ilustrasi di atas jelas bahwa dalam mendidik siswa kita tujuan akhirnya bukan sekedar selesai materi namun bisa tidak siswa kita mengaplikasikan ilmu yang kita sampaikan untuk kehidupan mereka. Maka dari itu assesment kompetensi minimum yang dicanangkan Nadim Makarin selaku Mendikbud sebagai instrumen refleksi bagi institusi pendidikan  dan siswa. Sejauh apakah pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru tersebut mempengaruhi pola pikir siswa dalam menyelesaikan masalah nyata di kehidupan siswa. Soal soal Assesment Kompetensi Minimum di desain dengan memberikan simulai permasalahan kepada siswa untuk mengukur tingkat literasi siswa sebagai sebuah hasil dari belajar. sebagai contohnya misalkan saol akm segitiga dan segiempat yang akan kami paparkan pada artikel ini. 

Contoh contoh dibawah ini adalah studi kasus berupa simulai permasalahan yang harus ditelaah oleh siswa. Silakan simak pertanyaannya baik baik.

KONSER SLANK
SOAL AKM SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DAN PEMBAHASAN
Konser Slank


Grup band Slank akan mengadakan konser di Kota Denpasar. Tim event Organizer (IO) atau panitia penyelenggara mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanakan konser, salah satunya adalah ijin dari Institusi Kepolisian Setempat. Untuk menanggulangi kerusuhan maka Kepolisian bersedia menerbitkan ijin jika kegiatan konser dilakukan dengan tingkat kepadatan penonton 1 meter persegi. Artinya Jarak antar penonton rata rata adalah 1 meter terhadap penonton lain. setelah mendapatkan ijin, panitia konser juga menentukan tempat konser. Dipilihlah lokasi dilapangan tengah kota dengan ukuran perkiraan 400m x 250 m. Harga tiket dipatok Rp 50.000,00. Ketika pelaksanaan ternyata tiket terjual habis. 

Pertanyaan 1
Berapa perkiraan jumlah penonton yang hadir pada konser tersebut?
Jawab
Luas lapangan Konser = 400m x 250m = 100.000 m2.
Tingkat kepadatan 1 m2 
Jadi banyak perkiraan penonton adalah 100.000/1 = 100.000 penonton. 

Pertanyaan 2 
Berapa pendapatan yang diperoleh dari konser tersebut dari hasil penjualan tiket. 
Pendapatan = banyak penonton x harga tiket = 100.000 x 50.000 = 5000.000.000
Jadi besar pendapatan dari penjualan tiket seluruhnya adalah 5 Milyar rupiah.






LihatTutupKomentar