-->

Soal AKM Bilangan Bentuk Akar

Soal AKM Bilangan Bentuk Akar


Bilangan bentuk akar dapat diajarkan kepada siswa dengan berbagai aspek penerapan. Antara lain contoh contoh soal akm bilangan bentuk akar berikut ini. Silakan anda simak baik baik dan perhatikan pula pembahasannya. Artikel ini akan membantu anda untuk mengembangkan soal asesmen Kompetensi Minimum mata pelajaran matematika dengan mudah dan praktis.

Contoh 1
Perhatikan bacaan berikut ini!
Perkembangbiakan Liken

Liken adalah sejenis lumut  yang hidup dibebatuan. Liken biasa juga disebut lumut kerak. Hal yang menjadikan liken sebagai salah satu lumut yang unik adalah bentuk dari kumpulan liken. Lumut kerak atau liken yang berkelompok membentuk pola lingkaran. Anda bisa menjumpai liken pada daerah daerah dingin semacam Greenland. Akibat dari pemanasan menyeluruh di bumi kita maka es di daerah kutub dan sekitarnya termasuk Greenland mencair dan tampak bebatuan. Dibebatuan tersebut kemudian mulailah tumbuh lumut kerak atau liken. Bentuk koloni liken yang menyerupai lingkaran yang semakin membesar setelah 12 tahun es mencair  dan mempunyai pola sebagai berikut.

dengan d = deameter lingkaran bentuk liken (meter)
t adalah periode waktu (tahun) setelah es mencair

Pertanyaan
Ivan melakukan penyelidikan tentang liken tersebut dan dia mengukur deameter lingkaran bentuk liken ternyata hasilnya adalah 35 meter. berapa kira kira usia liken yang ditemukan Ivan?

Jawab


Jadi liken yang ditemukan ivan berumur 37 tahun.




LihatTutupKomentar