-->

SOAL AKM MATERI LINGKARAN SMP

SOAL AKM MATERI LINGKARAN SMP


Ketetapan pemerintah tentang penghapusan Ujian Nasional dan menggantinya dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) memang menuai banyak kritik. Namun terlepas dari kontroversi yang berkembang di masyarakat, kita tentu harus siap dan menerima kepurusan tersebut. setidaknya banyak nilai positif yang bisa diambil dari penghapusan sistem Ujian Nasional ini. Hal positif tersebut antara lain adalah konsep merdeka belajar artinya nilai ujian nasional yang diterapkan di tahun tahun sebelumnya bukan menjadi momok lagi bagi siswa dan sekolah. bahkan jauh lebih dari itu pelaksanaan asesmen kompetensi minimum dan survey karakter akan merubah mainset berpikir kita dimana daya nalar dan  karakter siswa menjadi prioritas yang lebih penting dari sekedar konten pembelajaran. Siswa lebih leluasa dalam berkreasi dan tidak terlalu terbebani dengan konten pembelajaran yang padat, apalagi mata pelajaran matematika. Arah tujuan terpentingnya adalah kebermaknaan pembelajaran. Maka kita sebagai warga negara sekaligus sebagai pendidik juga berkewajiban untuk mensukseskan program merdeka belajar tersebut. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah merancang pembelajaran dan penilaian yang menjadikan siswa kita terlatih dalam bernalar, berkomunikasi dan punya karakter yang baik. Pada artikel yang akan saya sampaikan hari ini kita akan memberikan contoh bagaimana menyusun penilaian berdasarkan konsep diatas. Soal AKM materi lingkaran SMP ini akan kita telaah bersama sebagai sebuah konteks penilaian pembelajaran.

Mudah saja bagi kita membuat soal soal tentang ligkaran misalkan saja menghitung luas lingkaran, keliling lingkaran, unsur lingkaran dan lain lain namun apa bisa kita menjadikan soal soal tersebut sebagai media anak dalam berbikir dan bernalar? Itu yang menjadi pokok masalahnnya. 

Contoh saja misal anda membuat soal begini
" Sebuah pabrik memproduksi velg sepeda motor dengan deameter 17 inchi. Tentukan berapa keliling velg tersebut?"
pertanyaan diatas memang kontekstual tapi jika anda amati lebih jauh soal tersebut terkesan dipaksakan kontekstual padahal soal biasa saja. tidak diarahkan pada kemampuan siswa dalam bernalar

Lalu soal yang seperti apa yang harus kita buat? 
Jika anda sudah berpikir ke arah tersebut berarti nilai plus bagi anda karena anda selangkah lebih maju dari pendidik pendidik pada umumnya. Karena banyak sekali pendidik yang berlebih lebihan dalam konten namun siswa merasa belajar ini tidak berguna bagi mereka. 

Catatan pentingnya bahwa soal AKM yang berbasis penalaran itu bukan semata mata sual yang susah. Bukan itu yang menjadi maksudnya. Bernalar artinya cara menggunakan nalar atau pemikiran atau bisa juga diartikan cara berpikir logis analitis. Contohnya seperti apa? mari kita simak ulasan kasus dibawah ini.

CONTOH SOAL AKM MATERI LINGKARAN SMP

PIZZA 
SOAL AKM MATERI LINGKARAN SMP

Perusahaan Pizzamilenia menjual dua jenis pizza yaitu Pizza A dan Pizza B dengan ketebalan yang sama namun memiliki ukuran dan harga berbeda. Untuk Pizza A memiliki ukuran yang lebih kecil, deameter Pizza A dibuat dengan ukuran 30 cm dan dijual dengan harga Rp 30.000,00. Sementara Pizza B adalah jenis pizza jumbo dengan ukuran 40 cm dan dijual kepada konsumen dengan harga Rp 40.000,00. 
Pertanyaan
Jenis Pizza manakah yang harus anda beli agar tetap hemat?
Tunjukan perhitungan dan beri alasan?

Pembahasan
Jika anda memiliki logika yang masih level bawah maka dengan segera anda akan menjawab beli aja Pizza A karena harganya Rp 30.000,00. Lebih murah namun jika anda menggunakan nalar atau logika anda tentu anda akan mengukur dulu konten atau muatan pizza dan membandingkan dengan jenis pizza yang lain. Dalam kata lain hitung satuan luas masing masing Pizza dan bandingkan antara  luas pizza dengan harganya. 
Mari kita kaji
Pizza A deameter = 30 cm maka  jari jarinya = 15 cm
L = pi x r x r = 3,14 x 15 x 15 = 706,5 cm2 
harganya 30.000 maka Harga tiap cm2  adalah 30.000/706,5 =  42,46 rupiah

Pizza B deameter 40 cm maka jari jarinya 20 cm
L = pi x r x r = 3,14 x 20 x 20 = 1.256 cm2
Harga = 40.000
maka harga tiap cm2 = 40.000/1.256 = 31,84 rupiah

Jadi mana yang lebih hemat? 
Jelas Pizza jenis B karena memiliki harga tiap luasan yang lebih murah.

FILE SOAL DAPAT ANDA DOWNLOAD PADA LINK BERIKUT

Masih banyak soal soal aplikasi dan penalaran dari materi lingkaran ini yang akan saya bagikan pada anda pada artikel lain. Tetap simak soal AKM Materi lingkaran versi lain di pilihan menu yang tersedia. terimakasih.
LihatTutupKomentar