-->

Diktat Pembelajaran matematika kelas 9 semester 1 KK 2013 revisi

Diktat Pembelajaran matematika kelas 9 semester 1 KK 2013 revisi

akmsmp.blogspot.com akan sharing  Diktat Pembelajaran matematika kelas 9 semester 1 KK 2013 revisi. Materi pembelajaran matematika kelas 9 tingkat sekolah menengah pertama semester 1 terdiri dari 7 pokok bahasan. Padatnya materi tersebut ditambah dengan pemadatan materi menuju ujian sekolah dan asesmen kompetensi minimum maka diperlukan materi penunjang yang lebih ringkas namun tetap sesuai dengan isi pokok masing masing pokok bahasan atau kompetensi dasar.

Kompetensi dasar mata pelajaran matematika kelas 9 semester 1 antara lain
1. Materi operasi pangkat bilangan rasional dan bilangan bentuk akar
2. Materi persamaan kuadrat
3. Materi fungsi kuadrat
4. Hubungan koefisien dan deskriminan fungsi kuadrat. 
5. Transformasi geometri 
6. kesebangunan dan kekongruenan pada bangun datar
7. Bangun ruang sisi lengkung.

Bayangkan 7 materi tersebut harus kita selesaikan pada semester 1 padahal ke tujuh materi tersebut memiliki sub pokok bahasan atau sub materi yang banyak sekali. Ambil saja contoh materi bangun ruang sisi lengkung maka setidaknya anda harus menjelaskan definisi, sifat, luas, volume dan generalisasi luas dan volume pada kubus, balok, prisma dan limas. Itu jika kita mau menyelesaikan mungkin butuh waktu sekitar 10 pertemuan. Jika dalam seminggu ada dua pertemuan maka kita butuh waktu 5 minggu untuk menyelesaikan materi bangun ruang sisi lengkung. 

Diktat Pembelajaran matematika kelas 9 semester 1 KK 2013 revisi

Misalkan lagi transformasi geometri. Sub materi transformasi geometri meliputi  refleksi, translasi, dilatasi dan rotasi. Masing masing juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam melakukan pembelajaran. Apa lagi jika kita hanya menggunakan sumber buku paket sebagai referensi satu satunya. Buku paket memiliki muatan yang luar biasa banyak. Buku nya saja tebal sekali. Belum kita sendiri juga masih bingung dalam melaksanakan seluruh materi pada buku paket.

Pengalaman saya sebagai pendidik, ketika saya menggunakan buku paket urut dalam mengajar sesui yang tertera dalam buku, dan itu saya lakukan dan saya hanya bisa menyelesaikan kurang dari separuh buku dalam waktu satu semester. akhirnya jalan terbaik adalah anda gunakan saja diktat pembelajaran sebagai bahan belajar siswa. Buku paket kita bisa pilih materi materi substansi disesuaikan dengan diktat yang kita gunakan. Masukan masalah masalah konteks pada buku paket sebagai bahan presentasi pembelajaran kita di kelas. Jadi semua bisa jalan.

Satu sisi kita tetap menggunakan buku paket sebagai referensi utama dan kita menggunakan diktat sebagai sumber belajar mandiri siswa ketika di rumah atau di dalam kelas. Diktat pembelajaran matematika yang akan kami bagi terdiri dari materi, contoh soal dan soal soal latihan. Ini akan sangat cocok untuk peserta didik kita. Selain itu akan memudahkan kita dalam pembelajaran. 

Berikut ini kami berikan link download

Baca Juga 






LihatTutupKomentar