-->

Diktat matematika kelas 9 semester 2 Kurikulum 2013 revisi

Diktat matematika kelas 9 semester 2 Kurikulum 2013 revisi


akmsmp.blogspot.com adalah blog yang berbagi tentang serbi pembelajaran matematika. Kali ini kita akan berbagi Diktat matematika kelas 9 semester 2 Kurikulum 2013 revisi. Blog ini adalah blog lanjutan dari blog saya sebelumnya yang sudah usah dan perlu penyegaran.

Diktat matematika kelas 9 semester 2 Kurikulum 2013 revisi


Berikut ini kami sajikan link download untuk Diktat matematika kelas 9 semester 2 Kurikulum 2013 revisi
Silakan anda pergunakan dengan sebaik baiknya. Gunakan untuk membantu peserta didik mencapai kompetensi dasar yang menjadi tuntutan kurikulum 2013. Sangat senang apabila kita mengajar secara sederhana efektif dan juga efisien. Materi yang disajikan ringan namun berbobot dalam hal substansi. Apalagi ditambah dengan keberhasilan siswa dalam menyerap materi pembelajaran yang kita ajarkan akan membuat kita bahagia. 

Untuk meningkatkan daya serap siswa terhadap materi yang menjadi tuntutan kurikulum maka kita perlu alat bantu. Apa alat bantu tersebut? Jawaban nya adalah diktat pembelajaran. Menyadari bahwa daya serap siswa terhadap pembelajaran yang kita berikan rendah itu disebabkan karena siswa hanya mengandalkan kompetensi yang ia peroleh dari pembelajaran di kelas. Padahal berdasarkan teori pendidikan yang populer sekarang mengatakan bahwa meaningful learning atau pembelajaran bermakna akan jauh membuat siswa mampu dan siap dalam menyerap apapun konten kurikulum yang dipersyaratkan. 

Pembelajaran bermakna memiliki arti bahwa siswa menggali sendiri materi pelajaran, banyak berlatih soal dan mencoba melakukan ekspolari sendiri dengan begitu maka siswa pengetahuan yang diperoleh siswa akan jauh lebih bermakna bagi mereka. Pembelajaran bermakna akan membuat pengetahuan yang sudah terserap jauh lebih lama bertahan dalam memori internal siswa daripada sekedar pelajaran yang kita sampaikan di kelas. 

Konten materi pembelajaran yang kita buat dalam bentuk diktat pembelajaran akan menjadi bahan bacaan siswa, menemani hari hari siswa dalam belajar. Contoh soal yang diberikan akan menjadi bagian penting dalam melakukan imitasi pengetahuan siswa. Dan soal soal latihan akan menambah pengalaman siswa dalam menyelesaikan setiap permasalahan matematika. 

Pengunaan diktat pembelajaran tak lantas memandulkan peran guru dalam pembelajaran. Itu adalah konsep yang salah. sebagaimana kesalahan guru guru kita dulu ketika masuk pelajaran langsung berkata silakan buka halam sekian sampai sekian, kerjakan dan kumpulkan. Jika pembelajaran yang kita berikan demikian itu bukan pembelajaran sejati. Kalau hanya begitu kita hanya akan menjadi tukang informasi saja. Datang, umumkan dan tinggalkan di kantor sambil minum kopi menunggu siswa kita selesai meyelesaikan tugas. Sekali lagi tindakan seperti itu tidak menjadikan kita sebagai guru. Peran guru yang seharusnya kita emban dengan sebaik baiknya sebagai ujung tombak perubahan generasi kita agar lebih maju jadinya juga seperti dulu dulu lagi. 

Fungsi diktat ini sekali lagi hanya alat tambah atau alat bantu. Misalkan anda telah menyusun rencana pembelajaran di kelas, di situ anda menuliskan dalam langkah pembelajaran anda menyampaikan apersepsi materi atau mendemonstrasikan materi pokok maka modul ini bisa anda gunakan sebagai sumber membuat bahan presentasi. Jadi match antara pelajaran yang anda sampaikan dengan apa yang dipunyai siswa. Sistem ini namanya sistem mengkaji diktat pembelajaran. 

Misalkan lagi anda dalam melakukan pembelajaran di situ tertulis dalam rencana pelaksanaan pembelajaran RPP bahwa anda akan memfasilitasi siswa dalam berlatih soal soal materi tertentu. Nah di sini anda bisa menggunakan isi diktat ini sebagai sumber soal latihan dan sebagainya. 

LihatTutupKomentar